Monday, February 21, 2011

Perempuanku dan tubuhmu

Awal bulan lalu, tepatnya tanggal 1-3 Oktober, aku mendapat kesempatan untuk mengikuti training tentang Seksualitas dan Gender yang diadakan oleh Yayasan Rahima, tempatnya di Wisma Hijau, Jakarta. Ibu Ninuk yang merupakan konsultan WHO dan Mbak Nur Rofiah yang merupakan dosen di UIN Jakarta, PTIQ dan salah satu pengurus di PB Fatayat yang menjadi keyspeakernya. Acara ini dihadiri oleh beberapa Ibu Nyai dari berbagai daerah.

Terus terang pelatihan seperti ini bukan yang pertama kali aku ikuti, namun pelatihan kemarin benar-benar luar biasa bagiku. Materi tentang kesehatan reproduksi benar-benar menyita perhatianku, pematerinya juga luar biasa. Sempat beberapa kali aku terkaget-kaget ketika Ibu Ninuk dan Mbak Rofiah menerangkan tentang Kespro. Aku merasa bukan orang yang jauh dengan akses informasi, tapi ternyata banyak hal yang tidak aku ketahui tentang kespro. Lalu aku berpikir, bagaimana dengan ibu-ibu di desa yang mereka sama sekali tidak memiliki akses informasi?

Dengan berbekal pelajaran yang minim dari pelatihan tersebut, dan alat peraga yang berupa Penis, Vagina dan celemek yang tiap sisinya ada gambar detailnya alat reproduksi perempuan dan laki-laki aku mencoba menularkan pengetahuan yang sedikit ini kepada orang-orang didekatku, dengan jalan sebagai Pendidik Sebaya (PS). Selepas dari acara pelatihan itu aku menginap di kost temenku di daerah Salemba. Kebetulan temenku tinggal berdua dengan temannya yang sama-sama masih gadis. Malam itu aku mencoba menerangkan tentang kespro pada mereka. dari penjelasan yang sederhana itu berlanjut menjadi diskusi yang menarik. Banyak hal yang cukup mengagetkanku, salah satunya pengakuan temanku tentang ketakutannya membayangkan malam pertama. Saat itu pikiranku langsung kembali pada ingatan tentang MP (malam pertama) ku dulu. Aku dulu juga sangat ketakutan, disamping karena aku menikah dalam usia yang cukup muda, juga karena tidak ada pengetahuan sama sekali tentang seks yang aku terima. Bahkan saat itu tak ada satu orangpun yang menerangkan bagaimana hubungan badan dan bagaimana untuk melakukan KB. Orang tua sering kali berpikir bahwa hal tersebut tabu untuk dibicarakan dan sifatnya otodidak. Padahal pengetahuan kespro penting artinya bagi orang yang hendak menikah.

Acara PS ku berlanjut ke sahabat-sahabat Fatayat di Anak Cabang Tegalsari yang bertempat di ranting Karangdoro. Ada sekitar 30 orang ibu-ibu yang datang. Acara ini merupakan rutinan yang diadakan setiap sebulan sekali oleh Fatayat. Saat aku membuka diskusi tentang kespro dan mulai mengeluarkan alat perga satu persatu reaksi pertama yang muncul adalah jeritan dan tertawa cekikikan. Mungkin mereka geli dan malu. Karena mereka selama ini tidak pernah mendiskusikan hal ini, jadi perasaan risih pasti ada. Aku mencoab menerangkan dari hal-hal yang simple. Pertama tentang nama-nama organ tubuh laki-laki dan perempuan. Selama ini di masyarakat kita telah terjadi kesalahan yang dianggap lumrah dalma penyebutan alat kelamin manusia. Biasanya untuk laki-laki kita menyebut dengan nama Burung atau titit, kalau perempuan disebut memek atau popok. Penyebutan tersebut jelas berimplikasi terhadap asumsi anak. Pasti anak akan mikir, kenapa ya punyaku kok disebut burung? apa emang bisa terbang?. Untuk itu aku mencoba menekankan tentang pentingnya penyebutan alat kelamin dengan benar yakni Penis dan Vagina.

Penjelasanku berlanjut ke masalah proses terjadinya menstruasi, proses kehamilan, lalu ke persoalan alat kontrasepsi (KB). Seperti halnya aku sebelum pelatihan, Ibu-ibu yang datang juga tidak mengetahui proses dan efek samping dari memakai KB. Contoh, ibu-ibu tidak tahu kalau KB hormonal (pil, suntik, susuk/implan) bisa menurunkan libido, dan alasan kenapa perempuan yang memakai KB hormonal tidak mendapatkan menstruasi. Hal ini sebagai bukti bahwa informasi yang diterima oleh perempuan tentang KB sangat minim, padahal selama ini perempuanlah yang menjadi objek untuk KB, tapi mereka tidak tahu efek samping dari barang yang menempel dalam tubuhnya. Menyedihkan.

Diskusi siang itu semakin hangat ketika mulai memasuki tahap tentang hubungan badan. Aku sempat benar-benar terdiam beberapa saat ketika sahabat-sahabat Fatayat tersebut tidak tahu kalau perempuanpun bisa mendapatkan ejakulasi seperti laki-laki. Ketika aku terangkan apa itu ejakulasi dan bagaimana proses ejakulasi pada perempuan, eh ada yang bilang "Halah mbak, lawong biasanya orang laki-laki itu cuman usrek-usrek terus keluar terus ngorok tidur." Waduh....... selama ini mungkin seks hanya dianggap sebagai hak laki-laki dan kewajiban bagi perempuan, hingga keseimbangan dalam berhubungan badan tidak tercapai. Bahkan seorang teman saya yang berasal dari keluarga terpelajar menganggap bila ejakulasi pada perempuan hingga mengeluarkan cairan itu adalah air kencing, sampe-sampe dia sangat tertekan setiap kali keluar cairan saat ejact, karena dia mengaggap itu adalah air kencing. DUh perempuanku, betapa selama ini tubuhmu hanya diexplore saja tanpa kamu sendiri mengetahui apapiun tentang tubuhmu.

Diskusi saat itu aku akhiri dengan memberikan nomor HP ku kepada sahabat-sahabat Fatayat. Aku yakin dari sekian banyak pertanyaan yang masuk pasti masih lebih banyak pertanyaan yang tidak tersampaikan, alasan malu dan sungkan pasti menjadi alasannya, untuk itu dengan memberikan nomor HP kepada mereka, aku berharap mereka bisa menghubungiku secara pribadi bila ingin berdiskusi. dan ternyata benar, beberapa jam setelah acara tersbeut selesai, banyak sms yang masuk yang menanyakan banyak hal tentang Kespro. Jujur masih banyak pertanyaan yang belum bisa aku jawab, aku mencoba mencari jawabannya dengan searching di internet dan bertanya ke beberapa orang.

Ibu Ninuk pernah bercerita bila di Iran pasangan yang akan menikah akan mendapatkan training tentang kespro, biasanya forum laki-laki dan perempuan dipisahkan. Mereka juga diharuskan memeriksakan kesehatan reproduksianya sebelum menikah. Bila ada penyakit, mereka harus mengobatinya sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk memiliki anak. Dan dampak dari hal ini luar biasa sekali, kematian Ibu melahirkan di Iran hanya hitungan puluhan dari seratus ribu kelahiran. Bayangkan di Indonesia yang masih mencapai ratusan.

Terinspirasi dari cerita ibu Ninuk tersebut, aku mengundang para santri senior putri di pondok pesantren Darussalam, Blokagung, Banyuwangi untuk aku ajak diskusi tentang Kespro. Mereka antusias, dan menganggap diskusi ini bukan hal tabu tapi sesuatu yang penting, bahkan mereka mengusulkan agar aku melakukan diskusi tentang kespro kepada santri senior putra juga. Karena mereka belum menikah jadi pertanyaan-pertanyaan mereka masih belum bersifat pragmatis seperti halnya ketika berdiskusi dengan Ibu-Ibu di fatayat, namun begitu aku yakin mereka pasti memiliki pandangan yang lebih mendalam tentang tubuh mereka sebelum menikah menikah. Aku juga memberikan nomor HP kepada mereka, aku yakin nanti ketika mereka menikah pasti akan menemukan berbagai permasalahan, dan aku menyediakan diri sebagai tempat bertanya bagi mereka.

Setelah melakukan diskusi di dua forum yang sifatnya masal tersebut aku menyebarkan angket refleksi atas materi kespro yang aku sampaikan, dan juga aku bertanya tentang hal-hal apa aja yang mereka ingin ketahui lebih lanjut. Aku kaget sekali, dari kelompok ibu-ibu banyak yang ingin tahu lebih lanjut tentang bagaimana menikmati hubungan seksual. Di satu sisi aku gembira karena ini menunjukkan mereka mulai sadar kalau mereka punya hak yang sama tentang kenikmatan dalam berhubungan seks, tapi disisi lain ini sebagai bukti kalau selama ini banyak dari mereka yang belum enjoy dalam berhubungan seks. Sedangkan untuk kelompok yang belum menikah, banyak dari mereka yang ingin tahu tentang KB.

Hemm... perempuanku... masih banyak yang harus kita pelajari dan kita bagi dengan sesama perempuan di sekitar kita. Bila kita sesama perempuan tidak perduli dengan Kesehatan Reproduksi kita, lalu siapa yang akan perduli pada perempuan???...

MARI BERBAGI PEREMPUANKU....

16 comments:

Anonymous said...

[url=http://www.likeboots.co.uk][img]http://www.likeboots.co.uk/images/ugg-boots.jpg alt="ugg" title="likeboots.co.uk"[/img][/url] knit uggs http://www.firstboots.co.uk
[url=http://www.firstboots.co.uk/#o6d26l43o][b]http://www.firstboots.co.uk/[/b][/url]
[url=http://www.kindboots.co.uk/#u4g51z47p][b]ugg outlet[/b][/url]
[url=http://www.wholeboots.co.uk/#s9j70n48u][b]wholeboots.co.uk[/b][/url]

Anonymous said...

It is better to research more about these procedures on the internet, and you will have to find the best procedure that will work out to be feasible for you. Next, call upon a little extra patience, and chill your baking sheet full of cookies in the freezer for about 15 minutes before you put them in the oven. hide my ip programs. They also wondered if a hair replacement solution of some kind would help break the cycle and hide the hair loss. The students do not have any problem to go to the brick and mortar classrooms as they have ample time in their hands., vpn on ipod touch. The pressure and pain might be caused due to various factors like bleeding, size of the cysts, rupture of cysts, irritation in the tissues of the abdominal region and so on. openvpn scalability

Anonymous said...

Unfortunately, it is rare that two houses have the same floor plan, or floor plan that is even close to one another., f vpn. While some of these causes can be avoided, there are some (genetic diseases) that cannot be avoided. The tip here is the darker the screen, the better the contrast. how to hide your ip address for free. But then one of the obvious symptoms of ovarian cysts that has got burst is said to be severe pain felt in the pelvic and abdominal region and the severity of the pain might depend on various factors such as the pain withstanding capability of a person, whether infected or not, if there is excess bleeding or not and so on. tor vidalia

Anonymous said...

dating for guys with small weiners http://loveepicentre.com/taketour.php nh online dating

Anonymous said...

A family is more valuable than money any day. If the only purpose that you work is for making money, then the affair done by you will increases your affliction., cheap order online vpn. They all negotiated with the administrators and the atmosphere became tense. juniper vpn software download

Anonymous said...

Therefore, many regular check ups are needed for children to make sure everything is progressing as expected. vpn cisco avec client. When you need a plumbing repair, you must hire a plumber that is not only experienced but also licensed to offer plumbing services. vpn server synology

Anonymous said...

There are so many benefits that you can enjoy by studying in online colleges and universities., cryo server. Is man being forced to change with the changing world? Return customers also encourage others to visit your establishment through wordofmouth advertising. mapping network drive. Why can those two be raised and kept by a beekeeper and others don't readily present the same advantage? private pwn

Anonymous said...

When you’re all done water your newly repotted orchid. what is broadband network

Anonymous said...

You may certainly be aware of spam. computer island network remote support technical vancouver. If you are getting sick often, you may want to have upholstery cleaning should also be done if there is any kind of prevailing illness. piano privacy

Anonymous said...

If you've ever got lost in the maze of some websites, you'll know the importance of intuitive web design. pocket pc proxy. It is a largely residential community with an inordinately large number of private schools that are indicative of the familyfocus of the neighborhood. ethernet to rs converters

Anonymous said...

There are instances where the ovarian cysts can bleed inside themselves. Maybe it is because you are looking for peace and joy in the wrong place!, how to get a virtual phone number. Firstly what can mold your decision making is certainly the distance to which your belongings need to be relocated. network digital

Anonymous said...

The items that go into a tube of toothpaste are important things to see. hambastegi proxy

Anonymous said...

drive right 4th edition ebook http://audiobookscollection.co.uk/it/Ralph-Ellison-Invisible-Man/p224656/ tymber dalton ebook the green millionaire ebook carpentry ebook blog

Anonymous said...

Hermes BeltsKelly Hermes Handbags buhr Hermes HandbagsBirkin Handbags ickm

Anonymous said...

I think this is one of the most vital information for me.
And i am glad reading your article. But should remark on few general things, The website style is perfect,
the articles is really nice : D. Good job, cheers

Stop by my site; copenhagen dj

Anonymous said...

I think this is among the most vital info for me.
And i am glad reading your article. But wanna remark on some general things,
The web site style is wonderful, the articles is really
excellent : D. Good job, cheers

My website: Bigtits